1.7.11

Trik Dan Tips Optimization SEO Di Situs Blog/Website

Pada postingan kali ini penulis akan membahas dan berbagi Trik dan Tips mengenai optimization SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization. Sebelum membahas lebih jauh tentang Trik dan Tips optimization mengenai SEO, Ada baiknya jika Sobat Blogger membaca terlebih dahulu rincian informasi SEO yang telah penulis kutip dari situs Wikipedia.Org “SEO atau lebih di kenal dengan Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari mesin pencari menuju alamat web situs tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut”. Tujuan dari teknik SEO tidak lain dan bukan adalah untuk menaikan traffic situs dan menempatkan suatu halaman situs Web/Blog duduk di urutan posisi teratas dari hasil  pencarian di Search Engines.
Trik dan Tips SEO Blo/Website  Yang Akan Di Bahas Oleh Penulis Mencakup On Page SEO Dan Off Page SEO.

1.      On Page SEO
On Page SEO adalah metode atau cara dasar Optimization SEO dengan mengatur dari dalam Blog/Website Anda, misalnya memaksimalkan keyword dan description supaya dapat di kenal serta mudah di raba oleh Search Engine. Trik dan Tips dasar untuk On Page SEO Anda bisa baca pada urutan yang ada di bawah ini:
A.    Yang pertama Anda mulai dengan cara penggunaan Meta Tag. Meta Tag adalah sebuah informasi yang telah di integrasikan kedalam area “head” pada halaman Blog/Situs Anda. Selain itu Meta Tag juga di gunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari Blog/Website Anda. Terdapat 3 jenis Meta Tag yang benar-benar dipakai pada Search Engine yaitu Description, Keyword, dan ROBOTS. Ager Sobat Blogger dapat mengenal jauh tentang ketiga Meta Tag tersebut alangkah baiknya jika Anda mencermati penjelasan yang penulis sebutkan dibawah ini.

Meta Tag Description digunakan untuk menjelaskan atau memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman Blog/Website Sobat Blogger. Pada ukuranya disarankan tidak lebih dari 200 karakter, dan masih berhubungan erat dengan isi serta judul. Dan usahakan description ini bisa menjadi kalimat di awal halaman Blog/Website yang bersangkutan.

Contoh penulisan Meta Tag Description seperti berikut:

<meta name=”description” content=’toko buku,murah, Disini dijual harga buku dengan diskon murah, Online Bisnis penjualan buku’ name=’description’/>

Meta Tag Keyword bisa dikatakan yang paling penting keberadaanya, karena mentukan kata kunci apa yang bisa halaman Web tersebut di Search Engine. Sintak dari penggunaan Meta Tag Keyword adalah sebagai berikut:

<meta name=”keyword” content=’toko buku buku murah diskon murah’ name=’keyword’/>
Atau Ada juga yang menulis dengan pemisah tanda koma:
<meta name=”keyword” content=’toko buku, buku murah, diskon murah’ name=’keyword’/>

Kedua Meta Tag di atas tersebut fungsinya sama saja dan tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan Search Engine. Tujuan penulis menerangkan tanda koma di atas adalah agar keyword-keyword tersebut mudah di baca. Yang perlu Anda ingat dan dicatat adalah jangan pernah Anda mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, atau Anda menggunakan keyword yang sama sekali tidak ada kaitanya dengan isi dari halaman Blog/Website Sobat Blogger, karena akan di anggap spam oleh Search Engine.

Dan yang terakhir adalah Meta Tag ROBOTS merupakan halaman mana yang mampu di jangkau/di index oleh spider dan halaman Blog/Website mana yang tidak dapat di follow. Tag ini sangat berguna sekali dengan backlink baik itu inbound maupun outbond, karena dari tag ini spider Search Engine akan melakukan pencatatan atau tidak setiap tag URL yang ada halaman tersebut.

Contoh: <meta content=’INDEX, FOLLOW’ name=’ROBOTS’/>

Apabila Anda ingin memasang Meta Tag ROBOTS di Blogger saya sarankan Anda memakai kode html di bawah ini.

<meta content=’ Tulis deskripsi disini’</FONT> name=’description’/>
<meta content=’keyword1 keyword2 keyword3...’ name=keywords’/</FONT>>
<meta content=’INDEX, FOLLOW’ name=’ROBOTS’/>

Dan jangan lupa untuk menggantikan kode di atas dengan deskripsi blog kamu!

B.      Pilihah content-content yang unik sesuai tema Blog/Website Anda.
C.     Usahakan bahwa semua halaman Blog/Website Anda memiliki judul yang unik berbeda satu dan yang lainya.
D.    Usahakan kalimat pertama, alinea pertama dapat mencangkup deskripsi dan Keyword Blog/Website Anda.
E.      Memberikan kode unik dari tag HTML, Tag HTML yang dapat di gunakan misalnya seperti di bawah ini.

<h3> kata-kata yang mengandung keyword </h3>
<p> kata-kata yang mengandung keyword </p>
<b> kata-kata yang mengandung keyword </b>
<em> kata-kata yang mengandung keyword </em>
<strong> kata-kata yang mengandung keyword </strong>

F.      Mesin pencari bersifat dinamis maka, updated konten-konten Anda secara rutin!.
G.     Buatlah sitemap supaya Blog/Website Anda mudah di lacak oleh Search Engine. Tutorial cara pembuatan sitemap Anda bisa klik disini. sitemap
H.    Buatlah tampilan sederhana mungkin namun dapat mencakup seluruh halaman Blog/Website kita.
I.        Pada isi arikel, kita dapat mengoptimalkan On Page SEO dengan cara memperbanyak kata-kata mendekati dan atau sama dengan keyword yang kita miliki.

2.      Off Page SEO
Off Page SEO adalah sebuah metode dasar cara yang dilakukan diluar lingkungan Blog/Website Anda, misalnya dengan mencantumkan atau berbagi link/banner serta mendaftarkan alamat URL kita ke Search Engine. Cara ini cukup efektif untuk mendongkrak popularitas dari sebuah Blog/Website. Tujuan dari teknik Off Page SEO adalah untuk mendapatkan back links atau link balik yang berkualitas dari Blog/Website lainya. Sedangkan langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk menjalankan metode Off Page SEO adalah sebagai berikut:
·         Buatlah sebuah artikel yang memiliki isi artikel kurang lebih 400-500 kata, dengan kepadatan keyword 2%-3%. Dan submit artikel directory yang telah penulis sebutkan di bawah ini.

-www.enzinearticles.com
-www.article89.com
-www.articlescity.com

·         Lakukanlah pertukaran link dengan website lain, dengan catatan jika Anda melakukan metode ini pastikan Blog/Website memiliki tingkat PR (page rank) yang tinggi dan juga masih aktif sehingga backlink yang kita dapatkan juga terjaga kualitasnya.

·         Menggunakan teknik Blog Walking dan lakukan sesering mungkin!.


·         Daftarkan Blog/Website Anda ke Web directory.
Web Directory adalah situs yang khusus me-list setiap website berdasarkan  kategori tertentu. Yang perlu Anda catat bahwa web directory yang bersifat gratis memiliki aturan keras untuk setiap website yang mendaftar, misalnya: bukan situs porno, usia web harus 6 bulan, dan lain sebagainya.
Web directory yang menurut penulis bagus dan layak untuk dicoba adalah DMOZ.org karena banyak orang yang memanfaatkan jasanya dan kabar baiknya situs ini tidak memungut bayaran sepeserpun alias gratis.

·         Usahakan Anda aktif dalam forum dan social networking lainya tujuan utamanya adalah mempromosikan Blog/Website Anda.

Dengan melakukan beberapa metode yang telah disebutkan di atas. Penulis berharap Sobat Blogger dapat meningkatkan nilai ratio situs Anda, walaupun cara di atas mungkin tidak menjamin 100% dapat bertengger di jajaran 1 Top Rank. Tetapi bagi Sobat Blogger yang ingin meningkatkan aspek ration situs-nya, mungkin penulis hanya dapat memberikan satu solusi yaitu mau belajar, praktek, dan mau selalu mencari informasi di internet.

No comments:

Post a Comment