28.6.11

Langkah Pembuatan Sitemap di Blog

Seperti yang telah penulis singgung pada bab sebelumnya, untuk mendukung kegiatan On Page SEO agar menjadi maksimal salah satunya cara ampuh yaitu dengan membuat sitemap di situs kita. Akan tetapi sebelum penulis memberitahukan cara/langkah pembuatan sitemap di situs kita. Alangkah baiknya penulis menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari sitemap tersebut. Sitemap dapat diartkan sebagai peta di blog kita, dengan menggunakan teknik sitemap maka blog kita akan semakin mudah dikenali oleh mesin pencari. Cara pendaftarnya-pun terbilang sangat mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Adapun cara untuk melakukan pendaftaran melalui Sitemap Anda dapat melihatnya pada tutorial dibawah ini.
Langkah pertama ketika Anda akan membuat account di situs sitemap terlebih dahulu Anda harus mendaftar ke Webmaster Tolls. Jika Anda masih awam dengan Webmaster Tolls, penulis dengan senang hati akan memperlihatkan tutorialnya, jadi tolong Anda cermati tutorial di bawah ini dengan teliti.

1. Anda buka browser Mozilla, Opera, Safari, ataupun Internet Explorer Anda. kemudian Anda klik alamat url ini www.google.com/webmaster/tools.
2. Setelah itu Anda akan di bawa masuk ke tempat registrasi. Anda masukan username dan password pada kolom yang telah di sediakan dengan benar.












3. Pada halaman Home Anda klik Add a site dan masukan alamat situs Blog yang Anda inginkan. Selanjutnya Anda klik tombol Continue.















4. Tahap selanjutnya Anda akan diminta untuk mem-verifikasi account terbaru Anda. Yaitu Anda diwajibkan untuk mengcopy semua kode yang ada pada tampilan halaman tersebut ke halaman HTML di Blog Anda, "Tambahan penulis mengingatkan untuk jangan menekan tombol verify terlebih dahulu!". Adapun langkah-langkah untuk meletakkan kode tersebut di blog kita adalah sebagai berikut. Pertama Anda buka account Blogger Anda dan masuk ke halaman edit HTML. Perhatikan kode pada gambar dibawah ini kemudian pastekan kode HTML tersebut tepat di bawah kode <head>. Setelah itu Anda tekan simpan template Blog Anda.
















5. Kembali ke halaman dari google Webmaster Tools. Kemudian Anda baru bisa menekan tombol verify untuk memverikasi Account Anda.
















6. Setelah Anda memverifikasi account Webmaster Tools Anda. Maka, secara otomatis Anda akan dibawa masuk ke Dashboar. Coba Anda amati menu Dashboard yang terletak disebelah kiri tampilan web tersebut. Anda klik Site Configuration kemudian Sitemaps.














7. Klik Submit a Sitemap. Dan masukan kode seperti ini "feeds/posts/defaults?orderby=updated" tanpa tanda kutip. Lanjutkan dengan menekan tombol Submit Sitemap









8. Tunggu sampai seluruh proses di setujui oleh pihak google. Setelah muncul konfirmasi seperti gambar di bawah dibawah ini berarti Web/Blog Anda sudah ter-verifikasi.


No comments:

Post a Comment